Kamis, 19 Juni 2014

Bunkasai Unpad 2014 (Allah always knows all the best things for you)

Did you read the title? Yes, Allah always knows all the best things for you. By the way , I want to tell you about my Japanese Speech Contest in this post. So... English or Japanese? How about Bahasa? hehehe :)

Oke, pertama, apa itu Bunkasai? Kalo di Indonesia mungkin semacam festival budaya gitu tapi ini versi Jepangnya haha. Di Bunkasai ini banyak kontes bahasa Jepang yang dilombain. Pesertanya, sebelum maju di Bunkasai yang beneran, ada seleksi dulu di Jurusan semacam Bunkasai kecil-kecilan (nggak, ini ngarang banget). Intinya ada seleksi gitu deh dan Alhamdulillah diberi amanah sebagai peserta Speech Contest. Feels like... gimana ya, harus bisa bawa pialanya. This is definitely my last Japanese contest di universitas. Persyaratan di Bunkasai ini yang udah pernah tinggal setahun di Jepang atau lebih ga boleh ikut lomba lomba ini lagi. Karena aku dapet beasiswa ke Tenri University itu, makanya Speech Contest ini ga boleh gagal.

Latihan dari sebulan sebelumnya, revisi teks bahasa Indonesia berulang kali, revisi teks bahasa Jepang juga dan bingung milih judul yang harus bisa catch the audience's attention itu rasanya... Cape sih, tapi namanya juga usaha. Buat hasil terbaik ga ada yang namanya usaha yang sia-sia. Tapi fatal banget banget banget, H-1 masih belum bisa speech dengan lancar dan luwes. Inilah namanya terlalu menggampangkan hal sepele. Hal sepele kadang bisa jadi masalah besar. Ya Allah maaf saya sombong dan khilaf :(

Bisa dibilang, ini speech contest paling dramatis! Seriously! Dapet nomor peserta 22 dari 24 peserta. Berhubung aku orangnya moody, sangat sangat moody, harus bisa jaga mood sampe bagianku dipanggil. Ga kepikiran sama sekali bakal kaya gini dan honestly aku ga siap mental sama sekali. Nomer urut dipanggil, naik panggung dan KACAU! Yes, kacau! Di pertengahan pidato ada satu kalimat yang emang lucu (dan the most interesting part kalo kata aku) tanpa diduga audiens tepuk tangan dan buyar semua. Sebisa mungkin tenang, pasang muka ga terjadi apa-apa, senyum sampe dari telinga sampe telinga, dan nyoba rileks. Tapi nasi udah jadi bubur penampilan aku dipanggung udah gabisa diulang lagi. Turun panggung dengan langkah sangat gontai. Hopeless. Banyak banget saingan aku yang speechnya bagus bagus dan lancar. 

Selesai lomba langsung keluar ruangan dan daritadi air mata ga bisa kebendung lagi. Nangis. Kesel. Bukan karena ambisius pingin menang. Tapi kesel banget karena aku ngerasa bisa do something better than that gitu loh. "Ga apa-apa, tadi bagus kok, ga usah nangis," Indah sensei ngehibur kaya gitu tapi tetep aja ga sreg dihati. Masalahnya this is not my first speech contest. Jadinya bener-bener ngerasa ga maksimal. Yaudah cuma bisa berdoa. Apapun hasilnya pasti itu yang terbaik dari Allah. 

Pengumuman lomba tuh udah pengen pulang. Pas Bunkasai itu ditemenin pacar kan ya, terus aku seharian ngeluh terus padahal hasilnya belum keluar dan liat muka dia kayanya udah bt banget pengen nempelin plester ke mulut aku. Pengumuman speech contest dimulai. Harapan aku dengan penampilan yang sangat tidak memuaskan cuma bisa nungguin pengumuman juara 3. Dan itu bukan aku. Ya udah ga apa-apa. Ikhlas. Juara 2 pun bukan aku. Ya udah. Ikhlas. Udah beres-beres mau pulang. Juara 1, nomor urut 22. Yang lagi sibuk sendiri tiba-tiba, "HAH?" spontan teriak gitu. Habis itu kan nomer urut aku. Dan ternyata "Fatimah Zahratunnisa dari Universitas Padjadjaran". Dideket aku ada Roro, Lalat, Eceu, ka Nurul dan masih banyak lagi itu langsung heboh banget badan aku digoyang-goyang sampe berasa ada gempa 8,0 sr!

Alhamdulillah ya Allah ngga pernah berharap sampe kaya gini. Bangga banget bisa bawa nama Unpad. Bangga banget pulang-pulang bawa piala. Bangga banget ya Allah saya bangga. Tolong ingatkan saya jika saya sombong, ingatkan saya jika saya melupakan-Mu. Terima kasih ya Allah. Sebaik-baiknya rencana manusia rencana-Mu memang lebih indah. 

Today's quote: 

Usaha sebanding dengan hasil. Rencana Allah jauh lebih indah dari apa yang kita rencanakan. Orang lain pun percaya kita bisa kenapa kita ga coba percaya sama diri sendiri kalau kita bisa. - Icong, 19 tahun, seseorang yang mirip Maudy Ayunda... lubang hidungnya.

Nandang Sensei - Ane (UPI) - Anis (UPI) - Maudy Ayunda dikerudungin (Unpad)
(pas pengumuman udah ganti baju karena ga betah :p)

With love, Zahratunnisa.

1 komentar:

  1. Wah hebat! Selamat ya mb Fatimah
    ALWAYS KEEP POSITIVE THINKING!
    btw, aku juga namanya Fatimah..hehehe
    Dan mb dulu ke tenri!? tenri kan yg dkt dr NARA kn!? ohhhhh (笑)

    BalasHapus